Minggu, 30 Oktober 2016

manfaat berwirausaha


Selain sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pribadi, wirausaha juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Berikut manfaat wirausaha secara luas diantaranya yaitu:

  • Menambah lapangan kerja
Fungsi utama wirausaha adalah menambah lapangan kerja. Dengan berwirausaha artinya selain kita membuka lapangan kerja bagi diri sendiri, juga tidak menutup kemungkinan jika usaha telah meluas bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Dengan kata lain kita mengurangi jumlah pengangguran dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan negara.

  • Mempunyai peluang untuk mengoptimalkan diri,
Berwirausaha juga melatih mental dan memacu potensi diri kita. Dengan berwirausaha, kita akan terpacu agar hari ini menjadi lebih baik dari yang kemarin, dan esok lebih baik dari hari ini. Begitu pula ketika kita merencanakan peningkatan profit atau pengembangan usaha maka kita mau tidak mau akan berusaha untuk terus menjadi lebih baik

  • Adanya peluang untuk mencapai keuntungan dengan maksimal yang semuanya di dapat dari hasil kerja keras kita.
Dengan berwirausaha, minimal kita bisa menjadi bos bagi diri kita sendiri. Mendapatkan hasil kerja dengan jerih payah hasil keringat sendiri tentunya memberikan kebahagiaan yang terkadang sulit untuk dijelaskan. Terlebih jika kita memperoleh keuntungan sesuai dengan yang kita targetkan, atau bahkan lebih.

  • Menunjukan bahwa diri kita mampu menjadi pemimpin, yang dapat memanage semua aspek-aspek perusahaan
Berani berwirausaha sama artinya berani menghadapi tantangan luas. Jika diumpamakan sama seperti keberanian pelaut mengarungi lautan berbadai, ataupun keberanian seorang prajurit terjun kemedan perang. Tentunya selain dibutuhkan keberanian, kemampuan untuk mempimpin juga sangat dibutuhkan terutama ketika kita mempekerjakan orang lain. Dengan berwirausaha kita belajar dan mengaplikasiakn kemampian manajemen dan kemampuan kepemimpinan kita.

  • Mempunyai peluang untuk dapat membantu masyarakat dengan usaha yang konkret atau jelas kegiatan usahanya.
Dengan berwirausaha, kita bisa membantu masyarakat disekitar kita untuk memenuhi kebutuhannya yang sulit terpenuhi. misanylnya membuka usaha warung sembako di daerah yang akses tarhadap kebutuhannya cukup sulit.


http://cschaddelee.blogspot.co.id/2015/03/manfaat-wirausaha.html

Tidak ada komentar:
Write komentar